Senin, 30 Juli 2012

Apa itu .htaccess

Apa sebenarnya file htaaccess dan apa kegunanannya. File .htaccess adalah merupakan sebuah text file ASCII yang terletak di dalam root directory (biasanya di dalam public_html) yang sering digunakan untuk mengubah pengaturan default dari web server yang digunakan.
File .htaccess sendiri memiliki beberapa kegunaan atau fungsi yang dapat disesuaikan sesuai kebutuhan yang kita inginkan. Adapun beberapa kegunaan dari file .htaccess tersebut antara lain adalah :
  • Melakukan blokir terhadap alamat IP tertentu, hal ini dilakukan jika kita menginginkan agar alamat IP tertentu tidak dapat melakukan akses terhadap web kita. Selain melakukan terhadap alamat IP tertentu, juga dapat melakukan blokir berdasarkan alamat website tertentu.
  • Redirect halaman, selalin melakukan blokir IP, file .htacces juga dapat di fungsikan untuk melakukan redirect sebuah web atau sebuah halaman yang terdapat pada sebuah web menuju halaman tujuan yang sudah di tentukan. Hal ini biasa dilakukan ketika sedang dilakukan perawatan website oleh pengelola website.
  • Mencegah explorasi atau melindungi directory, dengan cara ini, kita dapat melindungi directory-directory penting kita ataupun memberikan perlindungan lebih terhadap halaman administrator website kita.
  • Pengaturan permalink, fungsi ini berguna untuk mengatur permalink pada website untuk mendukung SEO agar lebih disenangi oleh search engine.
Sebenarnya masih banyak lagi kegunaan dari file .htacces itu sendiri.
semoga bermanfaat.

Sumber : http://artikelheri09.com/2012/mengenal-apa-itu-htaccess-dan-kegunaannya.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar